Just Me..

My photo
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi

Monday, October 27, 2008

tugas 2

Judul : ANALISIS PREFERENSI MAHASISWA TERHADAP OPERATOR CDMA

Alamat : http://ejournal.gunadarma.ac.id/files/Yashinta%20133-141.pdf

Analisis :

  • Latar Belakang : Sekitar 10 tahun yang lalu sistem telepon selular GSM mulai merambah di pasar Indonesia. Perkembangan telepon selular GSM ini sangat cepat, terlihat dari data APSI (Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia) yang menunjukkan jumlah pemakai telepon selular GSM di seluruh Indonesia berkisar lebih dari 25 juta orang. Setelah telepon selular GSM berhasil merambah pasar Indonesia, maka sekarang berkembang operator CDMA dengan penekanan pada tarif yang lebih murah. Timbulnya persaingan ini, memicu keingintahuan untuk menganalisis preferensi pengguna telepon selular. Ketertarikan untuk mengetahui preferensi konsumen ini lebih dititikberatkan kepada konsumen mahasiswa dimana sebenarnya mereka mempunyai telepon selular dengan sistem GSM. Tarif GSM relatif mahal, sedangkan pendapatan mereka masih dari orang tua. Melihat tarif CDMA yang murah, ada dugaan sementara bahwa mahasiswa akan berpindah dari operator GSM ke CDMA.
  • Masalah : “Bagaimana preferensi mahasiswa terhadap operator CDMA”.
  • Tujuan : Untuk menganalisis preferensi mahasiswa terhadap operator CDMA.
  • Metodologi :

1. Sampel : Sampelnya adalah mahasiswa fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya yang sedang kuliah Pengantar Ekonomi Makro dengan cara sampling acak sederhana, jumlahnya 114 responden.

2. Populasi : Mahasiswa fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya yang sedang kuliah Pengantar Ekonomi Makro yaitu sebanyak 1271.

3. Alat analisis : Pengolahan data dilakukan dengan analisis konjoint.

4. Model : Y1=X1+X2+…+Xn. Variabel Independen ( X1 dan seterusnya ) adalah faktor. Variable dependen adalah pendapat keseluruhan dari responden terhadap faktor dan level pada sebuah produk.

5. Hipotesis awal : Mahasiswa akan berpindah dari operator GSM ke CDMA.

  • Pembahasan : Pengujian signifikan terlihat dari nilai signifikansinya dibawah 0,05 yaitu 0,0235 dan 0,0349. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa pendapat 114 responden bisa diterima untuk menggambarkan keinginan populasi mahasiswa didalam pembelian telepon selular CDMA. Oleh karena pendapat responden mempunyai ketepatan akurasi yang tinggi dan pada uji signifikansi adalah signifikan, maka bisa disimpulkan bahwa pembeli telepon selular CDMA pada dasarnya menginginkan telepon selular dengan operator yang mempunyai tarif murah untuk percakapan ke telepon rumah/CDMA dan telepon selular/GSM.
  • Kesimpulan : Preferensi mahasiswa terlihat didalam pemilihan operator CDMA dimana ada beberapa hal yang diperhatikan oleh mereka yaitu:

1. Penekanan pada tarif yang murah terutama untuk menghubungi telepon rumah, CDMA, dan GSM.

2. Didalam pemilihan operator terjadi perbandingan merek bagi mereka.

3. Cenderung terjadi pemilihan untuk kartu pra bayar dibandingkan pasca bayar.

4. Waktu mau melakukan komunikasi terlihat mereka kurang memperhatikan tarif untuk nomor yang mereka tuju apakah sesama operator atau tidak.

Nama Pengarang : Yasintha Soelasih

Topik : Preferensi konsumen terhadap operator telepon seluler.

No comments: