Pengaruh Kegiatan Promosi terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan
Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp
Tema : Kepuasan Konsumen
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa sebuah proses produksi mengeluarkan produk sebagai bentuk output dari input yang dimasukkannya. Sebuah perusahaan bekerja tidak berhenti pada tahap produksi saja, melainkan ada tahap lain yaitu pemasaran produk. Sebuah produk harus dipasarkan agar produk tersebut dapat dikenal dan dibeli oleh konsumen sehingga perusahaan bisa mendapatkan laba dari penjualan produk tersebut.
Dalam pemasaran sebuah produk terdapat instrumen-instrumen di dalamnya. Bagian yang penting dari instrumen pemasaran produk adalah pesan (message) yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai unsur yang terdapat dalam program promosi. Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun yang potensial (Stanton, 1996).
Salah satu unsur paduan pemasaran yang berpengaruh terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Pengelolaan produk lebih menekankan bahwa pelanggan memerlukan jenis-jenis dan fasilitas pelayanan tertentu, seperti variabel kualitas makanan, jenis menu dan sajian makanan, hadiah, dan pelayanan. Sedangkan promotion mix adalah variabel promosi yang menggunakan kombinasi iklan, sales promotion dan personal selling.
Menurut Juanda (2005) faktor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan cafe adalah produk, pelayanan, dan promosi. Produk mencerminkan persepsi pelanggan terhadap variasi dan kualitas produk serta jasa yang diberikan oleh restoran, serta persepsi kualitas pelayanan para karyawannya. Sedangkan promosi mencerminkan persepsi pelanggan terhadap kegiatan sales promotion dan personal selling yang dilakukan.
Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp. berencana untuk meningkatkan jumlah pelanggannya di tahun 2008. Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restoran untuk mencermati strategi-strategi pemasaran yang paling tepat. Oleh karena itu, penulisan ini dibuat untuk mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap peningkatan jumlah pelanggan. Selain itu juga untuk mengetahui strategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Atas dasar uraian di atas maka penulis memberi judul pada penelitian ini “Pengaruh Kegiatan Promosi Terhadap Kepuasan dan Peningkatan Jumlah Pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.”
Permasalahan
Dari uraian tersebut, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
2. Seberapa besar pengaruh kegiatan promosi dan kepuasan pelanggan terhadap peningkatan jumlah pelanggan
3. Apa saja strategi dan kebijakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Tujuan Penelitian
Dari uraian permasalahan di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Mengetahui pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
2. Mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan promosi dan kepuasan pelanggan terhadap peningkatan jumlah pelanggan.
3. Mengetahui strategi dan kebijakan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk :
1. Sebagai pertimbangan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp dalam menentukan strategi pemasaran yang harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggannya di tahun 2008.
2. Dapat memberikan tambahan informasi bagi peneliti berikutnya yang mengambil topik yang sama.
Kerangka Konsep
1. Kerangka Pikir
Pelanggan diminta untuk memberikan penilaian terhadap kegiatan promosi yang telah dilakukan oleh Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp selama ini. Lalu pelanggan diminta untuk mempersepsikan bagaimana kepuasan yang mereka dapatkan melalui kegiatan promosi yang telah dilakukan. Kemudian hasil dari kedua hal di atas dibandingkan dengan jumlah pelanggan yang datang. Lalu digunakan uji korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp. Kemudian digunakan analisis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tersebut.
2. Hipoesis Penelitian
Berdasarkan uraian-uraian di atas maka dalam penelitian ini diajukan hipotesis “Kegiatan promosi berpengaruh positif terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan.”
Metodologi Penelitian
o Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan manajemen restoran Steak&Ribs Kenyot Corp terhadap para konsumen.
o Populasi dan SampelPopulasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Sampel yang diambil menggunakan sampel acak dengan jumlah sampel 100.
o Model : Dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif. Adalah model yang menggambarkan variable independent ataupun dependent.
Y1=X1+X2+…Xn. Variabel Independen ( X1 dan X2) adalah promosi dan kepuasan konsumen. Variabel dependen adalah jumlah pelanggan.
Variabel dalam penelitian ini adalah :
- Iklan
- Sales promotion
- Personal selling
- Variasi makanan
Data dalam penelitian ini adalah :
1. Data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner dan wawancara
2. Data sekunder, yaitu data jumlah pelanggan pada periode yang lalu
o Alat Analisis
Penelkitian ini menggunakan alat analisis berupa Skala Likert
Skala Likert tersebut adalah teknik pengukuran sikap yang paling luas digunakan dalam riset pemasaran. Skala Likert disebut juga summated rating scale. Skala Likert memungkinkan responden untuk mengepresikan intensitas perasaan mereka secara lebih luas. Hal ini dimungkinkan karena pertanyaan yang terdapat dalam Skala Likert memiliki jawaban berjenjang atau dengan kata lain memilikikemungkinan jawaban yang lebih banyak.
Dalam penelitian ini untuk mengukur variabel-variabel digunakan kuisioner dengan pendekatan “Skala Likert” dengan lima (5)angka yaitu :
Sangat Puas dengan skor 5.
Puas dengan skor 4.
Kurang Puas dengan sskor 3.
Tidak Puas dengan skor 2.
Sangat Tidak Puas dengan skor 1.
o Uji korelasi untuk melihat apakah ada hubungan antara kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan. Jika terdapat korelasi positif, menunjukkan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan mempengaruhi kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan.
o Analisis regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang dihasilkan oleh promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan, serta seberapa besar pengaruh promosi dan kepuasan pelanggan terhadap peningkatan jumlah pelanggan.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan promosi berpengaruh terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Usulan Strategi
Dari hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa promosi dan kepuasan pelanggan mempengaruhi peningkatan jumlah pelanggan maka usulan strategi yang dapat diberikan adalah dengan meningkatkan biaya promosi serta memperbaiki promosi yang telah dilakukan sebelumnya untuk menarik minat pelanggan serta meningkatkan kualitas produk dan pelayanan untuk memberikan kepuasan yang lebih kepada konsumen sehingga kepuasan pelanggan tersebut akan menimbulkan loyalitas dan berdampak pada peningkatan jumlah pelanggan Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp.
Ada pula tindakan-tindakan strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan yaitu :
1. Memberikan diskon kepada pelanggan
2. Memberikan service tambahan
3. Membuat iklan yang semenarik mungkin
4. Membuat promosi personal selling menjadi lebih gencar lagi
5. Pelatihan khusus kepada karyawannya.
2 comments:
Kuli . . Aahhh. .
Test. .
Wkawkawka. .
great work.. excellent
Rgds
Prihantoro
Post a Comment