Just Me..

My photo
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia
Universitas Gunadarma Fakultas Ekonomi

Friday, October 2, 2009

Etika dalam berbisnis

skarang ni sudah cukup banyk orang yg mulai mikirkan pentngnya beretika dalam berbisnis.
seberna ap sh yg dmakst ma etika berbisnis tu?
sebelumnya aq pengen jelaskan ap sh yg dmaksd dgn etika itu sndiri.berdasarkan matakuliah yg aq dapt di ETIKA PROFESI yg juga didapat dari serching saat da tugas aq kn coba jelaskn mulai dari asal mula kata itu sampe ap sh yg dikatakan d kamus besar qt,KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA.
ETIKA
Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang banyak baget artinya, diantaranya tempat yg ditinggali, padang rumput, kebiasaan, adat, akhlak, watak,serta cara berpikir. kata itu sendiri mempunyai bentuk jamak berupa ”ta etha” yang berarti adat kebiasaan. Arti jamak inilah yang dipakai oleh Aristoteles (384-322sM) untuk menunjuk pada etika sebagai filsafat. sedangkan menurut kamus besar bahasa indonesia, etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral (akhlak). Dalam pengertian ini etika adalah sebuah ilmu yang obyek kajiannya adalah nilai-nilai moral yang diterima suatu masyarakat. dalam kehidupan manusia, moral bertindak sebagai pendorong manusia untuk melakukan perbuatan yang baik, sedangkan etika bertindak sebagai rambu2 yang merupakan kesepakatan secara rela dari semua anggota suatu kelompok.
APA HUBUNGANNYA AMA DUNIA BISNIS?
Etika sebagai rambu-rambu dalam suatu kelompok masyarakat akan dapat
membimbing dan mengingatkan anggotanya kepada suatu tindakan yang terpuji (good
conduct) yang harus selalu dipatuhi dan dilaksanakan. Etika di dalam bisnis sudah tentu harus disepakati oleh orang-orang yang berada dalam kelompok bisnis serta
kelompok yang terkait lainnya. Mengapa ? karena untuk mewujudkan adanya etika tersebut perlu adanya komunikasi antar2 orng atau kelompok yang terkait ama bisnis tersebut, agar gak cuman satu pihak aja yang ngejalanin etika, sedangkan yg lainnya gak dan hanya menuruti ama yang mereka pengenkan, kn tu sangat merugikan org lain, y bisa dikatakan egois lah. jadi dalam berbisnis qt tu harus menerapkan etika yg intinya gak boleh cuman nuruti apa pengen qt ja, tanpa mempertimbangkan apa yg dipengen oleh stakeholder qt. kn gak bisa egois kaya gtu d dlam berbisnis, ya gak sih?
berikut hal2 yg perlu diperhatikan dalam menciptakan etika berbisnis itu:
1. Pengendalian diri
2.Pengembangan tanggung jawab sosial (social responsibility)
3. Mempertahankan jati diri dan tidak mudah untuk terombang-ambing oleh
pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
4. Menciptakan persaingan yang sehat
5. Menerapkan konsep “pembangunan berkelanjutan”
6. Menghindari sifat 5K (Katabelece, Kongkalikong, Koneksi, Kolusi dan
Komisi)
7. Mampu menyatakan yang benar itu benar (masak sih seorang bisnisman plinplan)
8. Menumbuhkan sikap saling percaya antara golongan pengusaha kuat dan
golongan pengusaha kebawah ( dgn saling pcaya akn lebh enak kan…, lgian jika ada kerjasama pengusaha kuat n bawah serta tmbuhnya saling percaya n gak saling tuduh, kemungkinan perekonomian qt bakal lebih maju deh)
9. Konsekuen dan konsisten dengan aturan main yang telah disepakati bersama
(dah gak jaman ya klu pengusaha curang tu,, lama2 juga bakal kecium kok)
10. Menumbuhkembangkan kesadaran dan rasa memiliki terhadap apa yang
telah disepakati
Dengan gini rasa tanggung jawab ama pekerjaan yg dibebankan akan lebih terasa, karena hal tu juga buat kepentingan qt juga tho…
11. Perlu adanya sebagian etika bisnis yang dituangkan dalam suatu hukum
positif yang berupa peraturan perundang-undangan

yach mungkin cuman sgini yg bisa aq terangin berdasarkan kuliah yg aq dapet n tugas2 yg berikan. langkah2 beretika diatas gak cuman bs diterapin bagi pengusaha aj lho..tapi juga bisa buat qt2 yg masih kuliah ato pengen jd pengusaha, y paling gak dipupuk sjak awal lah jiwa2 pengusaha itu..
ganbatte calon pengusaha !!!!


sumber : http://iinn.wordpress.com/2008/02/22/etika-dalam-berbisnis/

No comments: